MAKALAH PEMASARAN
Pengertian
Teori tentang pemasaran dan periklanan disebut dengan AIDA, dijelaskan oleh Khani, yaitu: Langkah pertama dalam strategi pemasaran adalah konsumen harus menyadari atau tahu (aware) akan keberadaan sebuah produk. Kemudian setelah mengetahui segala sesuatu tentang produk itu akan timbul rasa tertarik (interest) pada diri konsumen. Adanya ketertarikan tersebut akan menimbulkan hasrat, keinginan (desire) konsumen untuk membeli dan menggunakan produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Pada tahap tindakan (action) perusahaan harus dapat mewujudkan kebutuhan dan harapan konsumen dan memberikan keyakinan bahwa barang, jasa, dan ide yang dibeli merupakan langkah yang tepat yang dapat memberikan keuntungan bagi konsumen.
Pemasaran menurut Swastha dan Irawan adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan dan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.2
Pemasaran adalah kinerja dari kegiatan bisnis yang mengarahkan arus barang dan jasa kepada para pelanggan dan pemakai. Dalam perkembangannya, pengertian pemasaran bukan saja masalah penyaluran barang dan jasa kepada pembeli atau konsumen dalam sebuah bisnis, melainkan juga menyangkut berbagai kegiatan yang tidak saja dilakukan oleh sebuah bisnis, tetapioleh organisasi organisasi nirlaba, seperti gereja, universitas atau kegiatan pendidikan lainnya, dan organisasiorganisasi sosial.
Konsep pemasaran
a. Kebutuhan, keinginan, permintaan
Pemasar harus berupayah memahami kebutuhan, keinginan,
dan permintaan pasar sasaran. Kebutuhan merupakan tuntutan
dasar manusia. Kebutuhankebutuhan ini akan menjadi keinginan
bila diarahkan kepada sasaran-sasaran spesifik yang mungkin dapat
memenuhi kebutuhan tersebut, sedangkan permintaan adalah
keinginan akan produk spesifik yang didudkung oleh kemampuan
untuk membeli. Kita dapat membedakan anatara lima jenis
kebutuhan :
1) Kebutuhan yang dinyatakan ( contoh : pelanggan
menginginkan sebuah mobil murah)
2) Kebutuhan real (contoh : pelanggan menginginkan sebuah
mobil yang bukan soal harga awalnya, melainkan biaya
oprasionalnya yang murah)
3) Kebutuhan yang tidak dinyatakan (contoh : pelanggan
mengharapkan pelayanan yang baik)
4) Kebutuhan yang disenangi
5) Kebutuhan rahasia (contoh : pelanggan ingin terlihat oelh
para sahabat sebagai konsumen yang cerdas)
b. Pasar sasaran ,penentu posisi, segmentasi
Jarang seorang pemasar dapat memuaskan setiap orang.
Tidak semua orang menyukai minuman ringan, hotel, restaurant,
mobil, dan film yang sama. Mereka menidentifikasikan kelompokkelompok pembeli yang mungkin lebih menyukai atau
memerlukan suatu produk. Untuk masing -masing pasar sasaran
yang terpilih, perusahaan mengembangkan suau tawaran pasar.
Tawaran ini diposisikan dipikiran para pembeli sasaran sebagai
suatu yang memberikan beberapa manfaat yang sangat penting
c. Tawaran dan merk
Perusahaan mengajukan kebutuhan-kebutuhan dengan
mencetuskan suatu usulan atau proposisi nilai, yaitu suatu perangkat manfaat yang mereka tawarkan kepada pelanggan guna
memuaskan kebutuhan mereka. Merek adalah tawaran dari suatu
sumber yang sudah dikenal. Nama merek seperti Mc donal’s
menimbulkan banyak asosiasi dalam pikiran orang : hamburger,
kegembiraan, anak-anak, dan makanan siap saji.
d. Nilai kepuasan pelanggan.
Tawaran akan berhasil jika tawaran tersebut memberikan
nilai dan kepuasan kepada pembeli sasaran. Pembeli memilih
diantara beraneka ragam tawaran yang di anggap memberikan nilai
yang paling banyak (baik) nilai merupakan konsep sentral
pemasaran. Pemasaran dapat dilihat sebagai identifikasi, kreasi,
komunikasi, pengiriman, dan permantauan nilai pelanggan.
Kepuasan pelanggan mencerminkan penilaian komparatif seseora
ng yang hasil dari kinerja (atau hasil) yang dirasakab dari produk
dalam hubungan dengan harapannya.
e. Saluran pemasaran
Untuk mencapai pasar sasaran, pemasaran menggunakan
tiga jenis saluran pemasaran. Saluran komunikasi digunakan untuk
menyerahkan dan men erima pesan dari pembeli sasaran. Saluran
komunikasi meliputi surat kabar, majalah, radio, televisi, pos,
telepon, papan iklan, poster, pamphlet, DC, dan internet. Pemasar
menggunakan saluran distribusi untuk memasarkan atau
menyerahkan produk fisik atau j asa kepada pembeli atau
pengguna. Termasuk disini distributor, grosir, pengecer dan agen.
Pemasar juga menggunakan saluran jasa untuk melakukan
transaksi dengan pembeli potensial. Saluran jasa mencakup
pergudangan, perusahaan angkutan, bank, dan perusahaan asuransi
yang memudahkan transaksi.
f. Rantai pasokan
Untuk mencapai pasar sasaran, pemasaran menggunakan
tiga jenis saluran pemasaran. Saluran komunikasi digunakan untuk
menyerahkan dan men erima pesan dari pembeli sasaran. Saluran komunikasi meliputi surat kabar, majalah, radio, televisi, pos,
telepon, papan iklan, poster, pamphlet, DC, dan internet. Pemasar
menggunakan saluran distribusi untuk memasarkan atau
menyerahkan produk fisik atau j asa kepada pembeli atau
pengguna. Termasuk disini distributor, grosir, pengecer dan agen.
Pemasar juga menggunakan saluran jasa untuk melakukan
transaksi dengan pembeli potensial. Saluran jasa mencakup
pergudangan, perusahaan angkutan, bank, dan perusahaan asuransi
yang memudahkan transaksi.
Sementara saluran pemasaran menghubungkan pemasar
dengan pembeli sasaran , rantai pasokan (supply chain)
menggambarkan suatu saluran yang lebih panjang, yang terentang
dari bahan mentah, komponenn, hingga produk jadi yang
disampaikan kepada pembeli akhir. Rantai pasokan
menggambarkan system penyerahan nilai. Setiap perusahaan yang
hanya berperan sebesar persentase tertentu dari nilai total yang
dihasilkan oleh rantai pasokan. kompone
g. Pesaingan
Persaingan mencakup semua tawaran dari pesain g serta
barang pengganti yang actual dan potensialn yang mungkin
dipertimbangkan oleh pembeli. 3
B. Strategi pemasaran
Salah satu strategi pemasaran yang sering dilakukan oleh
perusahaan adalah dengan cara penyebaran pemasaran itu sendiri atau
yang lebih dikenal dengan bauran pemasaran. Bauran pemasaran
merupakan salah satu metode pemasaran untukmenyebarkan informasi
secara luas, mempromosikan produk dan jasa, merangsang konsumen
untuk memberi bahkan menciptakan preferensi pribadi untuk citra
produk.Strategi Bauran Pemasaran adalah sekumpulan alat pemasaran
yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan. Bauran pemasaran
juga dikenal dengan strategi 4P. 4P adalah produk/product, harga/price,
tempat/place, dan promosi/ promotion. Adapun bauran pemasaran
meliputi:
1. Strategi Produk
Produk adalah keseluruhan konsep dari suatu objek atau proses
yang memberika berbagai manfaat kepada konsumen. Keputusan
kebijakan produk yang perlu diperhatikan adalah jenis, merek, label dan
kemasan. Untuk itu, ada beberapa pilihan, misalnya membuat model
tertentu sebagai ciri sebagian atau seluruh produk yang dipasarkan
perusahaan.5
2. Strategi Harga
Harga adalah nilai yang ditukarkan konsumen untuk manfaat
memiliki produk atau jasa.6 Cara menentukan harga yang tepat adalah
dengan melihat harga jual pesaing sejenis, tentunya dengan kualitas yang
kurang lebih sama dengan segmen produk. Kemudian menetapkan harga
jual produk sedikit lebih murah dari harga jual produk pesaing sejenis agar
konsumen mau mencoba produk yang ditawarkan.
Namun harga jual tidak selalu lebih rendah dari pesaing sejenis,
jika perusahaan memiliki fitur khusus yang menarik konsumen. Jadi Strategi Promosi
Promosi adalah suatu tindakan untuk menyampaikan,
menginformasikan, menawarkan, membujuk, atau menyebarluaskan suatu
produk atau jasa kepada calon konsumen tersebut pada akhirnya
melakukan pembelian.
10
Promosi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari
konsumen, tidak hanya sekali, tetapi juga konsumen yang akan melakukan
pembelian berulang (pelanggan). Tujuan dari promosi adalah untuk
meningkatkan kesadaran, meningkatkan persepsi konsumen, menarik
pembeli pertama, mencapai proporsi pelanggan tetap yang lebih tinggi,
menciptakan loyalitas merek, meningkatkan rata-rata cek, meningkatkan
penjualan tertentu atau waktu khusus dan memperkenalkan produk baru.11
Ada terdapat 4 fungsi dari strategi pemasaran, yaitu sebagai berikut
1. Meningkatkan Motivasi untuk Melihat Masa Depan
Strategi pemasaran berusaha untuk mendorong eksekutif
perusahaan untuk berpikir dan melihat masa depan secara berbeda.
2. Koordinasi Pemasaran yang Lebih Efektif
Setiap perusahaan pasti memiliki strategi pemasarannya masingmasing. Strategi pemasaran ini berfungsi untuk memandu strategi
perusahaan sehingga akan terbentuk tim koordinasi yang lebih efisien dan
tepat sasaran.
Rahmawati, R.. Peranan bauran pemasaran (marketing mix) terhadap peningkatan penjualan
perusahaan memiliki nilai lebih dari pesaing yang sebanding.7
3. Strategi Penyaluran / Distribusi
Strategi penempatan menekankan pada bagian saluran distribusi
produk yang berfungsi untuk mengkomunikasikan produk kepada
pengguna sasaran. Hal ini mencakup beberapa aktivitas seperti transaksi,
inventaris, logistik dan kelengkapan fasilitas
Merumuskan Tujuan Perusahaan
Para pelaku tentu ingin melihat dengan jelas apa yang menjadi
tujuan perusahaan. Kebijakan pemasaran akan membantu pelaku usaha
menetapkan tujuan tertentu yang ingin dicapai, baik dalam jangka pendek
maupun jangka panjang.
4. Pengawasan Kegiatan Pemasaran
Dengan strategi pemasaran, perusahaan akan memiliki standar
prestasi kinerja bagi para anggotanya. Hal ini akan memudahkan untuk
memantau aktivitas anggota guna mendapatkan kualitas kerja yang
bermutu tinggi dan efisien.12
DAFTAR PUSTAKA
Basu Swastha dan Irawan, 2005, Manajemen Pemasaran Modern. Liberty,
Yogyakarta, halaman
Budiman, J., & Steven, S. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Pada
Pelanggan PT. Nusantara Surya Sakti Cabang Pontianak. Jurnal
Pemasaran
Kompetitif, 5(1).
Khani, Ali Nurdin. 2009. Strategi Pemasaran dengan Konsep AIDA (Aware,
Interest, Desire, and Action)
Mahardika, R. (2020). Strategi Pemasaran Wisata Halal. Mutawasith: Jurnal
Hukum Islam, 3(1)
Rachmawati, R. (2011). Peranan bauran pemasaran (marketing mix) terhadap
peningkatan penjualan (sebuah kajian terhadap bisnis restoran). Jurnal
Kompetensi Teknik, 2(2).
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial
Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun@ Subur_Batik). Widya Cipta:
Jurnal Sekretari dan Manajemen, 2(2).
10
Komentar
Posting Komentar